Cara Meningkatkan Produktivitas Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Meskipun kamu masih belum bekerja, tidak ada salahnya untuk tetap meningkatkan produktivitas lho!

Kamu bisa mengerjakan berbagai hal agar bisa terus meningkatkan produktivitas.

Sehingga ketika saat keterima kerja nantinya, kamu tidak akan “terkejut” dengan dunia kerja yang sebenarnya.

Sebelum terjun ke dunia kerja, kamu perlu tahu kalau dalam bekerja harus produktif agar bisa menyelesaikan beberapa tugas jobdesk yang jumlahnya bisa lebih dari satu.

Maka dari itulah alasannya mengapa kamu perlu sekali meningkatkan produktivitas agar nantinya terbiasa dengan dunia kerja.

Buat kamu yang bingung bagaimana cara meningkatkan produktivitas, kamu bisa simak beberapa caranya di pembahasan selanjutnya ya.

Baca Juga : Cara Mengatur Prioritas Agar Lebih Produktif 

Pentingnya Meningkatkan Produktivitas

Dalam dunia kerja, produktivitas sangatlah penting. Begitu juga di kehidupan sehari – hari yang mana juga penting sekali untuk lebih produktif.

Dengan lebih produktif, kamu bisa belajar berbagai hal yang sebelumnya kamu tidak paham sampai jadi paham karena memang berniat untuk lebih produktif agar mempelajari hal baru.

Dari melakukan produktivitas tersebutlah nantinya akan menghasilkan berbagai macam skill baru yang tentunya akan bermanfaat bagi diri kamu sendiri.

Ilustrasi Meningkatkan Produktivitas | Sumber : Freepik

Selain berguna untuk diri kamu sendiri, skill tersebut juga berguna jika nantinya kamu ingin melamar pekerjaan di suatu tempat.

Tidak hanya itu saja, dengan meningkatnya produktivitas juga bisa membuat kamu jadi lebih terbiasa untuk menjalani dunia kerja yang tentunya sangat hectic dan harus produktif.

Buat kamu yang penasaran dan bingung bagaimana caranya meningkatkan produktivitas dalam kehidupan sehari – hari.

Maka kamu bisa simak caranya berikut ini ya!

Baca Juga : Cara Efektif Mengelola Waktu di Tempat Kerja

1. Membuat Planning

Sebelum beraktivitas penting sekali untuk membuat planning agar kamu tahu apa saja yang harus dikerjakan dalam satu hari.

Kamu bisa membuat list di notebook, dan catat semua kegiatan – kegiatan dalam satu hari yang akan kamu lakukan.

Selain itu, jangan lupa untuk membuat prioritas kegiatannya berdasarkan urgensi serta kepentingannya.

Dengan membuat planning tentunya mempermudah kamu untuk melakukan kegiatan dalam satu hari tanpa perlu bingung ingin melakukan apa saja.

Kamu juga jadi lebih fokus untuk melakukan kegiatan karena sudah tahu apa saja yang harus dilakukan.

2. Membatasi Waktu

Kalau tadi sudah membuat planning untuk kegiatan selama satu hari, maka jangan lupa juga untuk membatasi waktu selama melakukan kegiatannya.

Dengan membatasi waktu bisa mengarahkanmu untuk melanjutkan kegiatan yang lainnya.

Teruslah tetap untuk membatasi waktu selama melakukan kegiatan agar nantinya lama – lama akan terbiasa saat melakukan kegiatan lainnya.

Cara membatasi waktu ini bisa kamu lakukan dengan melihat jam dan menitnya dari awal berkegiatan sampai selesai.

Jangan lupa juga untuk membuat catatan agar bisa mengetahui berapa jumlah waktu yang bisa diterapkan untuk memulai berkegiatan.

Misalnya saja kamu membutuhkan 20 menit untuk melakukan satu kegiatan saja, maka kamu bisa memperkirakan jumlah kegiatan dalam satu hari yang bisa kamu lakukan ada berapa.

Perlu kamu ketahui juga dengan mengatur batasan waktu ternyata juga bisa mempercepat dan mempersingkat kegiatan.

Tidak hanya itu saja, dengan pembatasan waktu ini juga bisa menghindari prokrastinasi dan saat berkegiatan jadi lebih siap. 

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional agar Hubungan Lebih Baik

3. Menggunakan Teknik Pomodoro

Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya membuat batasan waktu, maka kamu bisa menggunakan teknik pomodoro.

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu teknik pomodoro.

Jadi teknik pomodoro ini merupakan cara untuk membuat kamu jadi lebih berkonsentrasi serta jadi lebih efisien saat melakukan kegiatan.

Cara melakukan teknik pomodoro ini yaitu 25 menit berkegiatan tanpa berhenti, lalu 5 menit untuk waktu istirahatnya.

Nah, nanti jika telah menyelesaikan empat kegiatan dalam satu hari, ada baiknya memberikan tambahan waktu saat beristirahat.

Perlu kamu ketahui juga kalau dengan menggunakan teknik pomodoro ini mampu mencegah kamu dari rasa kelelahan dalam berkegiatan, serta juga bisa lebih fokus saat mengerjakan sesuatu.

4. Tentukan Prioritas Kegiatan

Memiliki banyak kegiatan dalam sehari tentunya sangat bagus karena mampu meningkatkan produktivitas.

Namun kamu perlu pastikan terlebih dahulkegiatan apa saja yang harus diprioritaskan, hal tersebut dilakukan agar bisa menentukan prioritas dengan mudah. 

Kamu bisa membuat list kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan pada hari itu juga, jangan lupa untuk mengurutkan kegiatannya secara berurut.

Dari kegiatan yang prioritas terlebih dahulu sampai yang tidak terlalu prioritas.

Dengan membuat list prioritas tersebut bisa membantu kamu untuk menyelesaikan kegiatan yang prioritas terlebih dahulu sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.

Selain itu, dengan dibuatnya list kegiatan prioritas mampu mempermudah kamu untuk mengetahui kegiatan apa saja yang telah selesai dan yang belum selesai.

Kalau kegiatanmu dalam satu hari sudah terlalu banyak, kamu perlu segera memilih kegiatan mana yang prioritas dan harus segera diselesaikan sesuai dengan list yang telah dibuat.

Baca Juga : Cara Membuat Resume yang Menarik Perhatian Recruiter

5. Menentukan Tujuan Kegiatan

Ketika ingin melakukan kegiatan, penting sekali untuk menentukan tujuannya apa. Sehingga saat melakukan kegiatan tersebut, kamu jadi tahu apa saja yang harus dilakukan dan seperti apa hasil yang diinginkan.

Jika kamu melakukan kegiatan tanpa adanya tujuan, maka jadi sia – sia semua kegiatan yang kamu lakukan karena tidak tahu mau melakukan apa.

Maka dari itu, sebelum berkegiatan tentukan dulu tujuannya seperti apa ya!

6. Menyelesaikan Tugas yang Sulit 

Pastinya untuk meningkatkan produktivitas ada beberapa tugas maupun kegiatan yang sangat sulit untuk diselesaikan.

Jika kamu memiliki beberapa tugas maupun kegiatan yang terbilang sulit untuk dikerjakan, lebih disarankan untuk menyelesaikan tugas atau kegiatan yang sulit terlebih dahulu saja.

Tentunya hal tersebut dilakukan karena kegiatan yang sulit biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Biasanya menghabiskan waktu berjam – jam sampai berhari – hari hanya untuk menyelesaikan tugas ataupun kegiatan yang sulit.

Hal tersebut tentunya sangat membuang – buang waktu jika mengerjakan tugas ataupun kegiatan yang terbilang sulit terlebih dahulu.

Nah, maka dari itu mulai sekarang kamu perlu mengerjakan tugas ataupun kegiatan yang terbilang mudah terlebih dahulu baru setelah itu kerjakan tugas maupun kegiatan yang sulit.

7. Mengikuti Berbagai Pelatihan

 Kalau cara yang satu ini emang paling harus dilakukan jika memang ingin meningkatkan produktivitas.

Caranya yaitu dengan mengikuti berbagai macam pelatihan.

Perlu kamu ketahui juga, selain bisa membuat produktivitas meningkat, dengan mengikuti berbagai pelatihan juga bisa meningkatkan skillmu. 

Bayangkan saja, niatnya ingin membuat produktivitas meningkat malah juga bisa meningkatkan skillmu.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan dirimu. Kamu bisa mengikuti berbagai macam pelatihan yang memang kamu sukai atau yang kamu butuhkan untuk melamar bekerja.

Sekarang ini juga sudah banyak kelas pelatihan yang menyediakan kelas online maupun offline.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi Bisnis Anda

Meningkatkan Produktivitas dengan Mudah

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas agar tidak terkejut saat terjun ke dunia kerja.

Caranya mudah untuk dilakukan, hanya tinggal niatnya saja yang perlu kamu persiapkan untuk melakukan cara – caranya.

Yuk, mulai sekarang ubah gaya hidupmu agar bisa lebih produktif lagi!


Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani