Masih banyak orang yang belum tahu kalau mengembangkan keterampilan sangat perlu sekali untuk dikembangkan.
Dengan mengembangkan keterampilan, kamu bisa jadi lebih mudah diterima di mana saja.
Mau itu diterima dalam kegiatan volunteer, kepanitiaan, sampai diterima di suatu perusahaan juga bisa.
Maka dari itulah alasannya mengapa perlu sekali untuk mengembangkan keterampilan, mau itu keterampilannya selinear dengan bidangmu atau di luar dari bidangmu juga bisa.
Misalnya saja bidang yang kamu pahami yaitu sistem informasi, namun kamu ingin mengembangkan skillmu di bidang public speaking.
Baca Juga : Panduan Lengkap Persiapan Wawancara Kerja
Hal tersebut bisa banget lho! Malah nantinya bakalan bisa membuka prospek yang lebih baru dan lebih luas lagi.
Kamu bisa saja nantinya jadi pembicara sebagai ahli sistem informasi, yang mana nantinya bakalan sering diundang sebagai pembicara di berbagai seminar sistem informasi.
Tentunya dengan skill public speaking yang kamu kembangkan dan kuasai bisa membawa keuntungan bagi kamu sendiri.
Namun yang masih menjadi pertanyaannya adalah bagaimana caranya mengembangkan skill yang ingin kamu kuasai?
Tenang saja, pertanyaan tersebut akan dijawab pada pembahasan selanjutnya yang akan membahas detail cara untuk mengembangkan skill.
Simak lebih lengkapnya di pembahasan selanjutnya!
Capai Keinginan Lebih Mudah dengan Mengembangkan Keterampilan
Seperti pada pembahasan sebelumnya, dengan mengembangkan keterampilan bisa mempermudah kamu untuk diterima di mana saja.
Salah satunya yaitu diterima di suatu perusahaan yang kamu lamar.
Perlu kamu tahu, skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.
Kalau kamu punya skill yang dibutuhkan di sebuah lowongan pekerjaan, maka kamu berpeluang besar bakalan diterima bekerja di perusahaan tersebut.
Selain itu, para HR juga akan menilai CV berdasarkan pengalaman serta skill yang dimiliki oleh pelamarnya.
Baca Juga : Cara Membuat Resume yang Menarik Perhatian Recruiter
Bisa dibilang kalau pengalaman tanpa adanya skill akan menjadi sia – sia, maka dari itu penting sekali untuk mengembangkan keterampilan agar bisa ‘mendampangi’ pengalaman yang kamu miliki.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan keterampilan sehingga kamu bisa jadi lebih jago dalam sebuah bidang tertentu.
Namun perlu kamu ketahui juga, kalau keterampilan terbagi dua macam. Ada soft skill dan hard skill.
Tentunya keduanya jelas berbeda, cara mengembangkan kedua skill tersebut juga berbeda.
Biar kamu tahu apa perbedaan soft skill dan hard skill serta cara mengembangkan kedua skill tersebut, kamu bisa simak pembahasannya di pembahasan berikut ini!
1. Mengembangkan Soft Skill
Buat kamu yang belum tahu apa itu soft skill, jadi soft skill merupakan keterampilan yang tidak terlihat namun kehadirannya sangat penting sekali dalam kehidupan sehari – harimu.
Contohnya seperti penyelesaian masalah, cara kamu berkomunikasi dengan orang lain, dan lainnya.
Secara tidak sadar kedua contoh tersebut masuk ke dalam soft skill.
Mungkin kamu bertanya – tanya, jika memang sudah sering dilakukan dalam kehidupan sehari – hari mengapa perlu dikembangkan lagi?
Jawabannya cukup simple saja. Ya, karena tidak semua orang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri atau tidak semua orang mampu berkomunikasi dengan baik.
Maka dari itu penting sekali untuk mengembangkan soft skill ini agar lebih maksimal lagi saat bekerja sama dengan orang lain.
Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional agar Hubungan Lebih Baik
Jadi pada intinya, tidak semua orang memiliki skill yang kamu miliki dan kamu belum tentu juga memiliki skill yang orang lain punya.
Itulah alasannya mengapa penting sekali mengembangkan keterampilan yang satu ini walaupun kamu merasa sudah menguasai skill yang kamu miliki sekarang ini.
Oh iya, buat kamu yang belum tahu kalau soft skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja lho!
Tidak hanya dibutuhkan dalam dunia kerja, pada intinya soft skill ini dibutuhkan saat kamu bekerja sama dengan orang lain.
Nah, biar saat bekerja sama nantinya bisa lancar, berikut ini ada beberapa cara untuk mengembangkan soft skill.
Berikut ini cara mengembangkannya :
a. Sering Berkomunikasi dengan Orang Lain
Seperti yang kamu tahu, kalau komunikasi merupakan “kunci” utama saat bekerja sama dengan orang lain.
Kalau kamu merupakan orang yang introvert dan kurang bagus saat berkomunikasi, maka kamu harus bisa paksa dirimu untuk sering berkomunikasi dengan orang lain.
Kamu bisa berkomunikasi denga tim kerjamu terlebih dahulu kalau kamu masih malu untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Nantinya seiring waktu berjalan, kamu jadi bakalan lebih berani dan percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain selain tim kerjamu.
Tidak perlu terburu – buru dalam berkomunikasi, kamu bisa memulainya dengan mendengarkan, membaca gerak tubuh, atau memberikan feedback ke orang lain.
b. Mengikuti Acara Sosial
Jika dulu kamu bermalas – malasan untuk berjumpa dengan orang lain, maka mulai sekarang kamu harus paksakan dirimu untuk berjumpa dengan orang lain.
Kamu bisa memulai ikuti beberapa acara sosial kecil – kecilan untuk melatih soft skillmu. Misalnya saja mengikuti acara amal, organisasi, dan lainnya.
Selain bisa mengasah soft skillmu, dengan mengikuti acara sosial juga bisa mengasah kecerdasan emosional agar bisa memberikan empati kepada orang lain.
c. Jangan Malu Bertanya
Terkadang ada orang yang salah mengambil sebuah keputusan karena tidak mau bertanya terlebih dahulu.
Padahal dengan bertanya bisa membantu untuk mengambil sebuah keputusan, kamu bisa jadi tahu prespektif dari orang lain mengenai pilihan yang kamu hadapi.
Selain itu, dengan sering bertanya ke orang lain juga bisa mengasah soft skill lho! Kamu jadi bisa tahu mengenai kelebihan serta kekuranganmu.
Terutama dengan sering bertanya, kamu juga bisa jadi tahu apa saja kekurangan serta yang perlu diperbaiki saat mengembangkan soft skillmu.
2. Mengembangkan Hard Skill
Tidak hanya soft skill saja yang harus dikembangkan, hard skill juga perlu dikembangkan.
Buat kamu yang kurang mengerti apa itu hard skill, jadi hard skill merupakan kemampuan yang dikembangkan melalui cara mengikuti pelatihan serta pendidikan.
Hard skill juga sangat dibutuhkan dalamm dunia kerja, bayangkan saja jika kamu melamar pekerjaan yang mengharuskan mengoperasi Microsoft Office.
Baca Juga : Cara Mengatur Prioritas Agar Lebih Produktif
Namun kamu tidak bisa mengoperasikan Microsoft Office, tentunya HR tidak akan tertarik untuk mengundang kamu interview.
Maka dari itu mulai sekarang kalau bisa kamu harus mengembangkan hard skillmu juga ya agar seimbang dengan soft skillmu.
Berikut ini cara mengembangkan hard skill yang bisa kamu lakukan :
a. Mengikuti Kursus
Sekarang ini sudah banyak sekali lembaga kursus yang membuka kelas kursus bagi kamu yang ingin mengembangkan keterampilan di luar bidangmu.
Mulai dari kursus yang berbayar sampai yang gratis juga ada, kamu bebas ingin memilih kursus yang mana.
Untuk masalah tempat pembelajarannya, sekarang ini banyak lembaga kursus yang menyediakan kursus secara online.
Sehingga mempermudah kamu untuk mengembangkan hard skillmu.
b. Mengikuti Sertifikasi
Jika kamu ingin mendapatkan sertifikat sebagai penanda kalau kamu sudah ahli dalam bidang keterampilan tertentu.
Maka kamu bisa mengikuti sertifikasi, dengan mengikuti sertifikasi nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan yang berhubungan dengan sertifikasi tersebut.
c. Latihan Sendiri
Selain mengikuti kursus atau sertifikasi, kamu juga bisa latihan secara sendiri di rumah dengan bermodalkan YouTube atau Google.
Di era digital sekarang ini semua hal yang ingin kamu lakukan bisa lebih mudah untuk dilakukan karena perkembangan teknologi yang semakin maju.
Baca Juga : Cara Efektif Mengelola Waktu di Tempat Kerja
Mengembangkan Keterampilan dengan Mudah
Segala cara bisa kamu lakukan untuk mengambangkan keterampilan agar bisa lebih mudah diterima kerja ataupun di organisasi yang ingin kamu daftar.
Kamu bisa mengembangkan keterampilan dengan mengikuti kursus, sertifikasi, ataupun belajar sendiri di rumah.
Jadi mulai sekarang kamu harus bisa memotivasi dirimu sendiri untuk bisa mengembangkan keterampilan ya!