Teknik Manajemen Waktu untuk Mencapai Tujuan

Kamu merasa punya manajemen waktu yang buruk? Maka segeralah perbaikinya dengan menggunaan teknik manajemen waktu agar lebih baik.

Dengan menggunakan teknik tersebut mampu memperbaiki manajemen waktumu, serta bisa menyelamatkanmu dari kebiasaan buruk yang bisa merugikan dirimu maupun orang lain.

Tidak hanya menghilangkan kebiasan buruk saja, dengan manajemen waktu yang baik juga bisa membuat kamu jadi lebih mudah untuk menjalankan kegiatan sehari – hari.

Kamu juga bisa jadi lebih disiplin saat berkegiatan, seperti yang kamu ketahui kalau orang yang disiplin lebih disukai banyak orang.

Kalau mau disiplin saat beraktivitas, maka hal pertama kali yang harus kamu perhatikan yaitu manajemen waktu yang kamu punya.

Ilustrasi Manajemen Waktu | Sumber : Freepik

Apakah manajemen waktumu sudah bagus atau belum?

Kalau memang sudah bagus maka pertahankanlah manajemen waktu yang telah kamu terapkan.

Sebaliknya, kalau manajemen waktumu belum bagus maka kamu harus segera memperbaikinya.

Untuk memperbaiki manajemen waktu tentulah sangat mudah, kamu tinggal pilih dan gunakan salah satu teknik yang ada.

Pilihlah teknik yang memang sesuai dengan kebutuhanmu dan kemampuanmu.

Bagi kamu yang kebingungan, apa saja teknik manajemen waktu yang terbaik untuk digunakan. Maka kamu bisa simak beberapa tekniknya di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produktivitas Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Perbaiki Manajemen Waktu dengan Teknik Manajemen Waktu Ini! 

Sekarang ini masih ada beberapa orang yang tidak sadar kalau mereka punya manajemen waktu yang buruk.

Biasanya orang – orang sekitarnya lah yang menyadari kalau mereka memiliki manajemen waktu yang buruk.

Jika kamu bertemu dengan orang yang memiliki manajemen waktu yang buruk, maka kamu bisa berikan berbagai solusi serta saran agar mereka bisa memperbaiki manajemen waktunya.

Kamu bisa berikan saran dan solusi berupa teknik manajemen waktu yang memang dikhususkan untuk orang yang punya manajemen waktu yang buruk.

Baca Juga : Langkah Mudah untuk Mengembangkan Keterampilan Baru

Dengan memberikan saran serta solusi berupa teknik manajemen waktu, diharapkan mereka bisa berubah jadi lebih baik lagi ketika menjalankan kegiatan sehari – hari.

Teknik tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk orang – orang yang memiliki manajemen waktu buruk saja, kamu juga bisa menggunakan tekniknya jika ingin memaksimalkan manajemen waktumu.

Berikut beberapa teknik manajemen waktu yang bisa diterapkan oleh orang – orang yang ingin perbaiki manajemen waktunya yang buruk.

Kamu juga bisa pilih serta menerapkan tekniknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Ini dia beberapa tekniknya :

1. Teknik Skala Prioritas 

Ilustrasi Teknik Skala Prioritas | Sumber : iharzaiko/Freepik

Seperti namanya, teknik yang satu ini bertujuan untuk membedakan tugas mana yang penting dan lebih prioritas.

Dengan menggunakan teknik skala prioritas ini mempermudah kamu untuk menyelesaikan berbagai tugas berdasarkan kepentingan serta urgensinya.

Biasanya tugas yang paling penting serta memiliki waktu yang mepet merupaka tugas yang harus segera diselesaikan.

Biar kamu tidak bingung bagaimana cara menentukan skala prioritasnya, simak rumusnya berikut ini :

  • Urgensi : 3= rendah, 2 = sedang, 1 = tinggi
  • Kepentingan : C= tidak penting sama sekali, B = tidak penting, A = penting sekali

Menggunakan rumus di atas bisa mempermudah kamu untuk menentukan tugas mana yang harus segera diselesaikan dan tugas mana yang bisa dipending.

2. Teknik Hukum Parkinson

Ilustrasi Teknik Hukum Parkinson | Sumber : vkstudio/Freepik

Jika kamu orang yang suka menunda – nudan pekerjaan dan masih bisa bekerja di bawah tekanan, maka teknik yang satu ini cocok sekali kamu terapkan.

Ada beberapa contoh teknik hukum parkinson yang bisa kamu terapkan di kegiatan sehari – harimu, diantaranya yaitu :

  • Mengerjakan tugas di laptop tanpa menggunakan charger laptop. Jadi kamu harus menyelesaikan tugas sebelum daya baterai laptopnya habis 
  • Cobalah menyelesaikan tugas secepat mungkin agar tugas bisa selesai sebelum deadlinenya. Misalnya saja, kamu bisa saja menyelesaikannya saat sore hari, namun cobalah untuk mengerjakannya saat siang hari agar tugas cepat selesai 
  • Buatlah batasan waktu saat mengerjakan tugas. Contohya seperti membatasi waktu pengerjaan tugas dengan menyelesaikannya selama 30 menit

Itu dia tadi beberapa contoh dari teknik hukum parkinson yang bisa diterapkan untuk memperbaiki manajemen waktu.

Baca Juga : Cara Mengatur Prioritas Agar Lebih Produktif 

3. Teknik Time Blocking

Ilustrasi Teknik Time Blocking | Sumber : Articon/Freepik

Teknik ini biasanya menggunakan metode penjadwalan saat ingin beraktivitas. Penjadwalannya sendiri ditetapkan dengan time blocking.

Untuk time blockingnya bisa kamu tentukan sendiri pembagiannya, mau itu dalam bentuk menit, jam, sampai hari juga bisa.

Teknik time blocking ini sangat cocok sekali bagi orang yang memang mudah sekali terganggu.

Jika kamu orang yang mudah terganggung, sepertinya cocok menggunakan teknik ini agar lebih mudah fokus mengerjakan tugas maupun beraktivitas tanpa alami gangguan.

Kamu juga bisa beristirahat saat beraktivitas.

Hal tersebut dilakukan agar nantinya saat aktivitas mendadak berubah, kamu bisa menggunakan time blocking sesuai dengan kebutuhan.

4. Teknik Bullet Journal

Ilustrasi Teknik Bullet Journal | Sumber : Freepik

Buat kamu yang punya pekerjaan ataupun aktivitas yang banyak, kamu bisa terapin teknik bullet journal agar pekerjaan atau aktivitasmu bisa tersusun dengan rapi.

Tidak hanya itu saja, teknik yang satu ini juga cocok digunakan untuk membuat manajemen proyek.

Teknik bullet journal ini merupakan metode yang dibuat secara khusus untuk mengatur serta membuat dokumentasi agenda dari aktivitas sehari – hari.

Jadi dengan menggunakan teknik ini, kamu bisa buat daftar list pekerjaan apa yang ingin kamu lakukan ke dalam notes.

Sehingga nantinya ketika bingung ingin menyelesaikan pekerjaan yang mana terlebih dahulu, kamu bisa lihat daftar listnya.

Selain itu, kamu juga bisa jadi tahu pekerjaan mana saja yang sudah selesai dan mana yang belum selesai.

Baca Juga : Cara Efektif Mengelola Waktu di Tempat Kerja

5. Teknik The Glass Jar

Ilustrasi Teknik The Glass Jar | Sumber : marinaghanis98/Freepik

Teknik yang satu ini menggunakan toples sebagai perumpamaannya, jadi sebuah toples akan diisi berbagai macam benda seperti pasir, batu, dan kerikil.

Benda – benda tersebut juga merupakan perumpamaan dari kategori pekerjaan, berikut ini perumpamaannya :

  • Pasir merupakan pekerjaan yang tidak penting namun bisa dikerjakan di lain waktu
  • Batu merupakan pekerjaan yang penting dan harus diselesaikan sekarang juga
  • Kerikil merupakan pekerjaan yang perlu diselesaikan namun tidak penting

Jika kamu memiliki banyak pekerjaan, maka kamu harus mengisi toplesnya batu terlebih dahulu, yang mana batu merupakan perumpamaan dari pekerjaan yang penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan karena untuk menyelesaikan pekerjaan “batu” membutuhkan waktu yang lama karena hasilnya harus lebih maksimal.

Jadi kalau kamu mengerjakan pekerjaan “pasir” yang ada nantinya hanya membuang – buang waktu saja.

6. Teknik Matriks Eisenhower

Ilustrasi Teknik Matriks Eisenhower | Sumber : Freepik

Teknik yang satu ini merupakan teknik yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk memperbaiki manajemen waktu.

Metode yang digunakan dalam teknik ini yaitu mengelompokkan pekerjaan sesuai dengan urgensi serta kepentingannya.

Teknik ini sendiri dibuat langsung oleh mantan presiden Amerika Serikat yaitu Dwight Eisenhower.

Dwight Eisenhower membagi pekerjaan ke dalam 4 kuadran, diantaranya yaitu :

  • Pekerjaan yang mendesak dan penting, harus dikerjakan dan diselesaikan segera
  • Pekerjaan yang tidak mendesak namun penting, kamu bisa kapan saja untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut namun tidak harus sekarang juga
  • Pekerjaan yang mendesak namun tidak penting, berarti kamu harus mendelegasikan pekerjaannya jika memungkinkan
  • Pekerjaan yang tidak mendesak dan tidak penting

Menggunakan teknik Eisenhower ini mempermudah kamu untuk mengetahui pekerjaan mana saja yang memang harus diprioritaskan.

Teknik ini biasanya digunakan oleh para pekerja yang setara top manajemen.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional agar Hubungan Lebih Baik

7. Teknik Eat The Frog

Ilustrasi Teknik Eat The Frog | Sumber : creativexx1088/Freepik

Teknik yang satu ini memiliki prinsip untuk mengerjakan pekerjaan yang paling tersulit terlebih dahulu, dengan menggunakan teknik eat the frog ini bisa membantu kamu untuk menghemat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bagi kamu yang memiliki pekerjaan yang banyak dan bingung ingin mengerjakan pekerjaan yang mana terlebih dahulu, maka kamu bisa menggunakan teknik eat the frog ini.

Jika dirasa pekerjaan yang sulit sudah terselesaikan, maka kamu bisa langsung mengerjakan pekerjaan yang mudah untuk diselesaikan.

Lebih Disiplin dengan Teknik Manajemen Waktu!

Jika kamu ingin memperbaiki dirimu jadi lebih disiplin, maka kamu perlu memperbaiki manajemen waktumu.

Kamu bisa memperbaikinya dengan menggunakan beberapa teknik manajemen waktu di atas tadi, yang mana sudah terbukti berhasil membuat sebagian orang jadi lebih disiplin dalam bekerja.

Jadi buat kamu yang ingin bekerja atau merasa pekerjaan yang tidak kunjung selesai juga, maka kamu bisa menggunakan teknik manajemen waktu di pembahasan tadi ya!

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani